(مشكلات الطالبات فى قدرة قواعد اللغة العربية على مهارة القراءة (دراسة الحالة بمعهد دار السلام كونتور الخامس للبنات كاندانجان كديري

Umar Faruq dan Chanifah Al Mudzakiroh

Abstract


Qowaidl dalam bahasa khususnya bahasa arab penting untuk mempelajarinya karena qowaidl sebagai alat untuk menguasai bahasa dengan baik dan sempurna. Pokok pembahasan tersebut adalah tentang permasalahan siswi-siswi dalam menguasai qowaidl bahasa arab karena mereka banyak yang belum mampu menguasai qowaidl bahasa arab dengan baik sedangkan kemampuan maharoh qiroah mereka baik. Subjek dari pembahasan ini adalah ma'had Darus Salam Gontor Putri V Kediri. Karena ma'had ini terkenal dengan kemampuan mencetak lulusan yang ahli bahasa arab dan bahasa inggris, namun kemampuan berbicara dengan bahasa arab tersebut tidak setara kemampuan qowaidl yang mengatur susunan dan kualitas membaca bahasa arab.

Pokok pembahasan Karya ilmiyah ini adalah tentang (1) bagaimana pembelajaran qowaidl bahasa arab di ma'had Darus Salam Gontor Putri V Kandangan Kediri. (2) apa problematika siswi-siswi dalam penguasaan bahasa qowaidl bahasa arab pada maharah qiroah di ma'had Darus Salam Gontor Putri V Kandangan Kediri. (3). Bagaimana kemampuan maharoh qiroah siswi-siswi di ma'had Darus Salam Gontor Putri V Kandangan Kediri.

Untuk mencapai tujuan pembahasan penulis menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Maka kesimpulannya. (1). Metode pengajaran qowaidl dengan metode induktif. (2). Secara umum, siswi-siswi menghadapi permasalahan dalam menguasai qowaidl bahasa arab dilatarbelakangi oleh siswa itu sendiri karena sisiwi-siswi tidak belajar sungguh-sungguh dan tidak mengetahui makna-makna dan memper banyak hafalan. Adapun permasalahan yang khusus adalah karena mereka tidak membaca harokat terakhir, serta banyak teori dan meremehkan woqaidl bahasa arab. (3) kemampuan qiroah mereka baik dan kemampuan qowaidl mereka lemah.

Kata kunci: Kemampuan qowaid bahasa arab, maharoh qiroah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Asalib by STAIN Kediri is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.stainkediri.ac.id/index.php/asalib.

 

indexed by :

Flag Counter