PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM : STRATEGI DERADIKALISASI DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA DI PESANTREN SALAF

Budi Prasetya

Abstract


Akhir-akhir ini marak kasus-kasus radikal yang mengatasnamakan agama. Salah satu yang menjadi sorotan adalah pemerintah terutama yang mengurusi pendidikan. Dalam pencegahan paham radikal, pemerintah terus menggalakkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter mempunyai dasar pedoman dari UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, serta dengan dasar dari Agama. Salah satu instansi yang mengedapankan pendidikan karakter sebagai upaya deradikalisasi adalah Ponpes Hidayatul Mubtadi’in Salatiga. Disana diajarkan berbagai macam pendidikan karakter melalui pengajaran, suri tauladan, dan praktik yang dilakukan. Dengan adanya pendidikan karakter yang kuat maka alumni pendidikan di pesantren salaf akan jauh dari paham radikal.

Full Text:

139-147

References


A. Maftuh Abegebriel, Juni 2011, Negara Tuhan: The Thematic Encyclopedia” dalam Saifuddin, Radikalisme Islam kalangan Mahasiswa(Sebuah Metamorfosa Baru)”, Jurnal Analisis, Vol.XI, No. 1.

Abdul Majid dan Dian Andayani, 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Cet. III Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Charlene Tan, 2007. Islamic Education and Indoctrination : The Case in Indonesia (New York, Routledge.

Kevin Ryan dan Keren E. Bohlin, 2008. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life, San Fransisco: Jossey Bass.

Khali Khalil Abu Ainain, 1985. Falsafah At Tarbiyah fi Al Qur’an Al Karim, (Dar Al Fikr Al Arabi.

Martin van Bruinessen dkk., 2008. The Madrasa in Asia : Political Activism and Traditional Linkages. Amsterdam: Amsterdam University Press.

Marzuki, 2015. Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: IKAPI.

Mukodi, Mei 2015. Pesantren dan Upaya Deradikalisasi Agama. Walisongo. Vol 23, No. 1.

Mustofa, Imam. Deradikalisasi Ajaran Agama : Urgensi, Problem dan Solusinya. STAIN Jurai Siwo Metro.

Suprihatin, Juli-Desember 2012. Spiritualitas Gerakan Radikalisme Islam di Indonesia. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 32, No. 2,

Whittaker, 2000. Terorisme : Understanding Global Threat, New York: Longman London.

Tim Peneliti Program DPP Bidang Bakat Minat dan Keterampilan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011. Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Aura Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.30762/ed.v2i2.614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Website: http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena

====================================================================================================

Jurnal Edudeena indexed by:

research database research database research database research database research database research database research database

====================================================================================================

Edudeena : Islamic Religious Education Department (PAI) (p-ISSN: 22581-2734, e-ISSN: 2580-9989) by : http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Flag Counter