Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Versus Pembelajaran Langsung

mashudi mashudi

Abstract


Abstrak: Salah satu masalah yang memerlukan perhatian dalam kegiatan pembelajaran adalah metode teknik, dan strategi pembelajaran (learning metbod &technique). Strategi pembelajaran kooperatif memiliki beberapa elemen antara lain; (1) Saling ketergantungan positif, (2) Tatap muka, (3) Tanggung jawab individu, (4) Keterampilan kelompok dan interpersonal, dan (5) Keefektifan proses kelompok. Teori yang mendasari pembelajaran kooperatif dengan mengikuti perspektif yang berbeda. Di antaranya adalah teori behavioristik dan teori konstruktivisme. Manfaat pembelajaran kooperatif dilihat dari empat aspek tersebut; (1)Meningkatkan sikap positif terhadap kegiatan pembelajaran, (2)Menggiatkan interaksi antarsiswa, (3)Meningkatkan prestasi belajar, dan (4)Penilaian otentik. Berikutnya Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah produk dari perspektif konstruktivisme sosial. Sebagaimana Slavin menyebutkan teknik yang menggunakan pendekatan yang sesuai dengan pandangan kohesif sosial adalah Jigsaw, Group Investigation, dan Learning Together (LT).

Full Text:

149-162


DOI: https://doi.org/10.30762/ed.v2i2.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Email: edudeenajournal@gmail.com
Website: http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena

====================================================================================================

Jurnal Edudeena indexed by:

research database research database research database research database research database  research database  research database research database research database  Dimension  One Search

====================================================================================================

Edudeena : Islamic Religious Education Department (PAI) (p-ISSN: 22581-2734, e-ISSN: 2580-9989) by : http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Flag Counter