MENELISIK REVITALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KONSEP IBNU AL QAYYIM AL-JAUZIYYAH (1292-1350 M)

zetty azizatun ni'mah

Abstract


ABSTRAK
Konsep pendidikan Islam perspektif Ibnu Qayyim masih relevan diaplikasikan dalam pendidikan Islam yang ada di Indonesia. Pembangunan karakter melalui PAI sudah sangat selaras dengan konsep manhaj tarbiyah yang ditawarkan oleh Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah dengan sasaran 9 aspeknya yang mencakup seluruh disiplin ilmu dengan tanpa meninggalkan karakter atau akhlakul karimah pada setiap peserta didik. Problem-problem yang muncul pada PAI baik pada problem konseptual atau problem aplikasinya yang mana das sollennya PAI sebagai agen pembentukan karakter tapi das seinnya mengalami kegagalan. Untuk itu perlu adanya revitalisasi PAI agar khittah awal sebagai pembentuk karakter bisa terealisasikan. Dalam hal ini konsep-konsep yang ditawarkan Ibnu Al Qayyim Al Jauziyyah bisa dijadikan dasar bagi para pembuat kebijakan pendidikan dan para pendidik Muslim.
Kata Kunci : Revitalisasi Pendidikan Agama Islam, Konsep Ibnu Al Qayyim Al-Jauziyyah

Full Text:

195-207


DOI: https://doi.org/10.30762/ed.v2i2.725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Website: http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena

====================================================================================================

Jurnal Edudeena indexed by:

research database research database research database research database research database research database research database

====================================================================================================

Edudeena : Islamic Religious Education Department (PAI) (p-ISSN: 22581-2734, e-ISSN: 2580-9989) by : http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Flag Counter