PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SISWA MTs SUNAN GUNUNG JATI (STUDI KASUS LATAR BELAKANG SISWA MENGHADAPI UJIAN)

Agus Miftakus Surur, Abdul Hafid Rosyidi, Yanuar Adi Prasetia, Khozinatul Asrori, Latifatul Azizah

Abstract


Menyontek adalah perbuatan yang dilakukan peserta didik dalam mencari jawaban dengan berbagai cara seperti melihat catatan, melihat buku, melihat jawaban dari teman dan juga mencari jawaban dari media internet, yang tujuannya supaya peserta didik dapat mengisi pertanyaan atau menjawab pertanyaan walaupun jawaban yang ia dapatkan belum tentu benar. Hampir semua siswa dalam kelas pernah atau melakukan perilaku menyontek. Hal tersebut disebabkan karena faktor kurang percaya diri, kebiasaan, malas, tidak siap, terpengaruh teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab siswa mencontek di MTs Sunan Gunung Jati. Dengan mengetahui hal tersebut, maka dapat sehingga mampu ditanggulangi penyebabnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, karena membahas permasalahan secara mendalam hingga pemecahan masalahnya dan juga menyangkut pelajaran yang dapat diambil. Adapun faktor yang membuat siswa melakukan prilaku menyontek, ada dua faktor yaitu faktor internal (dalam diri sendiri) dan faktor eksternal. Usaha untuk mengurangi menyontek dapat melakukan: Selalu membiasakan belajar sebelum ujian maupun pada hari-hari, mengontrol anaknya dan selalu mengingatkan anaknya untuk selalu belajar, memberikan punishment dan reward kepada siswa yang menyontek dan yang tidak menyontek.

Kata kunci: menyontek, latar belakang, siswa

Full Text:

PDF

References


Agustin, M. 2011. “Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran”. Bandung: PT Refika Aditama.

Andi, Prastowo. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Persepektif Rancangan Penelitian Jakarta: ar-Ruzz,

Emzir, 2008.Metode Penelitian Pendidikan Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Hartanto, 2012. Mencontek Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya, Jakarta : Indeks

Husein Dkk, 1998. Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara,

Izzati, Evi Mahdiya, 2017, Latar Belakang Siswa Mencontek (studi kasus di MTsN 1 Kota Kediri). SKRIPSI Pendidikan Agama Islam STAIN Kediri.

Kushartanti, Anugrahning. ” Perilaku Menyontek Ditinjau Dari Kepercayaan Diri”, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. (online), 2 Nopember, 2009.

Moleong. 2007. Metode Penelitian Kualiutatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nyayu, Khodijah. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres,

Prayitno, Elida. f. 2006 “Psikologi Perkembangan Remaja.” Padang: Angkasa Raya.

Putra, Nusa. 2011. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. Jakarta: Indeks,

Rahmad, Ali. 2004. Kapita Seleksa Pendidikan. Jakarta: PT Bina Ilmu,

Tim Penyusun Kamus pusat Pembinaan dan Pengembanga bahasa, 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatid Dalam Bimbingan Konseling, Jakarta: Rajawali Pers,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.















Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Website: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/index
ISSN (p-ISSN): 2655-3511 (media cetak)
ISSN (e_ISSN): 2656-307X (media online)

====================================================================================================

Jurnal Factor M indexed by:

>research database research database research database research database research database research database research database

====================================================================================================

Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic (Tadris Matematika)
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Flag Counter