INTERVENSI PSIKOLOGIS DALAM PROGRAM PENGAJARAN INDIVIDUAL (PPI) PADA SISWA DENGAN KESULITAN BELAJAR KHUSUS

Novi Wahyu Winastuti dan Wahyu Noverahela

Abstract


Sekolah reguler yang memberikan pendidikan khusus kepada Anak Berkebutuhan Khusus ini dikenal dengan nama Sekolah Inklusi. Di sekolah inklusi, anak berkebutuhan khusus mendapatkan program pengajaran khusus yang menyesuaikan dengan kondisi anak, yaitu Program Pengajaran Individual (PPI). Penelitian ini ingin memberikan salah satu desain PPI yang bisa digunakan untuk mendampingi siswa dengan Kesulitan Belajar Khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa kelas 3 di sekolah inklusi di kota Kediri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes kecerdasan Stanford-Binet. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisa guna memastikan kondisi subjek saat ini. Guna memastikan keabsahan data maka dilakukan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber data. Dari penelitian ini diperoleh gambaran bahwa prestasi akademik yang rendah pada subjek disebabkan karena siswa mengalami kesulitan belajar khusus yaitu disleksia dan disgrafia. Berdasarkan hasil identifikasi ini maka disusunlah Program Pengajaran Individual (PPI) untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan psikomotorik siswa. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis adalah metode Fernaid yaitu metode pengajaran membaca multisensoris yang diberikan dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dimana siswa terlibat aktif dalam menentukan kata yang akan dipelajari. Untuk meningkatkan keterampilan psikomotor maka diberikan senam otak, seperti brain buttock, cross crawl, lazy 8’s, double doodle, arm activation,dan alphabeth 8’s. Diharapkan desain ini lebih mudah dipahami dan dijadikan contoh dalam pembuatan PPI oleh Guru Pendamping Khusus.

Kata kunci: Kesulitan Belajar Khusus, Program Pengajaran Individual (PPI).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.