Autor Guideliness

  1. Artikel merupakan tulisan konseptual atau hasil penelitian dalam bidang kajian studi al-Qur’an dan Tafsir yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik cetak maupun online.
  2. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris atau bahasa Arab, diketik dalam format rtf. dengan ukuran kertas A4, margin 4-3-3-3, Cambria  12 pt  (kecuali tabel 10 pt) untuk font utama dan Uthman Thaha 16 pt untuk fotn Arab, spasi 1,15, dan panjang artikel antara 20-25 halaman.
  3. Judul ditulis secara lugas dan informatif dengan huruf kapital tebal (capital, bold) di bagian tengan atas pada halaman pertama.
  4. Nama penulis ditulis tanpa gelar, nama instansi (10 pt), dilengkapi dengan alamat email dan ditulis di bagian bawah judul.
  5. Abstrak  ditulis  dalam  bahasa  Indonesia dan asing  (Inggris  atau  Arab  )  jika  artikel  berbahasa Indonesia, dan ditulis dalam bahasa Indonesia jika artikel berbahasa asing dengan panjang abstrak maksimal 300 kata, font Cambria  10 pt  serta mencantumkan 3-5 kata kunci .
  6. Artikel  hasil  penelitian  meliputi  judul, nama  dan identitas,  abstrak,  kata  kunci, pendahuluan (latar belakang masalah, rumusan masalah,tujuan dan manfaat penelitian), pembahasan (diuraikan dalam sub bab pembahasan sesuai dengan kebutuhan), kesimpulan, dan daftar pustaka.
  7. Artikel  menggunakan  sistem  catatan  kaki  (footnote)  dengan  ketentuan  sebagai berikut:
    • Rujukan ditulis lengkap tanpa menggunakan ibid, op.cit,dan loc.it ;
    • Sumber yang dirujuk pertama kali ditulis secara lengkap dengan menggunakan : Nama penulis,Judul Buku,( Kota Penerbit: Nama Penerbit, Tahun Terbit), Halaman (hlm.)
    • Rujukan selanjutnya  untuk  sumber yang sama ditulis  dengan mencantumkan nama terakhir penulis, dua, atau tiga kata dari judul buku, dan halaman.
  8. Daftar  pustaka  diurutkan  secara alfabetis  A-Z dengan pola penulisan yang sama dengan catatan  kaki dengan menghilangkan keterangan halaman dan tanda kurung pada data  publikasi serta mendahulukan nama belakang pengarang (dalam hal ini “al” pada nama pengarang Arab dianggap tidak ada).
  9. Untuk   penyeragaman,   penulisan   catatan   kaki   dan   daftar   pustaka   disarankan menggunakan aplikasi Zotero atau Mendeley.
  10. Istilah bahasa Arab ditulis dengan menggunakan font Times New Arabic dengan gaya transliterasi  Library of Congress (LC ).
  11. Panduan lengkap dan file-file pendukung,  bisa DIDOWNLOAD DI SINI.