العلاقة بين الوسائل التعليمية وفهم تدريس اللغة العربية فى المدرسة

Muhammad Mifatahul Huda dan Ulin Nasfiyah

Abstract


Dalam suatu proses belajar mengajar, pemilihan metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media. Setiap pelajaran baru, materinya membutuhkan alat penjelas agar siswa dapat memahami dengan mudah. Kita mengetahui bahwa pengetahuan yang baru akan terasa asing untuk dipahami atau barangkali sulit bagi guru itu sendiri untuk menjelaskannya kecuali jika dibantu oleh sesuatu yang dapat ditangkap oleh indera atau media yang dapat mengantarkan pada pemahaman mereka. Sehingga pengetahuan itu menjadi jelas.

Adapun pokok dalam penelitian ini adalah penggunaaan media pengajaran dalam pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) "Muallimat" Cukir Jombang dan pemahaman siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini bersifat kualitatif, maka analisis datanya secara deduktif, karena penelitian ini menyajikan hipotesis. Hipotesis yang digunakan yaitu hipotesis kerja.

Untuk mengetahui penggunaan media pengajaran digunakan prosentase. Nilai yang diperoleh masih dapat ditingkatkan dengan memfungsikan media yang ada sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar bahasa Arab. Sedangkan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam belajar bahasa Arab digunakan hitungan rata-rata (mean). Nilai rata-rata yang diperoleh masih dapat ditingkatkan lagi dengan cara menganalisis faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pemahaman belajar bahasa Arab.

Adapun korelasi di antara keduanya menunjukkan nilai 0,60 dengan menggunakan rumus product moment. Nilai ini lebih besar dari pada rt di mana 1 % = 0,496 dan 5 % = 0,388, maka hipotesis kerja dapat diterima. Nilai ini menunjukkan adanya korelasi yang sedang di antara keduanya, karena terletak di antara 0,40 – 0,70.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30762/asa.v2i1.1128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------------ Mailing Address:  
Rumah Jurnal, IAIN Kediri, Jl. Sunan Ampel, No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Jawa Timur 64127
Phone: 085331222619 / 081554384774,
Email: asalibuna@iainkediri.ac.id

 

Creative Commons License
Asalibuna by IAIN Kediri is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/asalibuna.

 

Indexed by :