Tathwir Wasail Ta’lim Maharah al-Istima’ Ala Asasi al-Mawqi’ (Website) Bi al-Madrasah al-Tsanawiyah al-Islamiyah al-Hukumiyah al-Wahidah Kediri

M Syamsul Ma'arif, Fiki Fatkhurrahman

Abstract


Maharoh istima dapat dikuasai oleh seorang siswa dengan cara berlatih mendengar dan menyimak perkataan berbahasa Arab secara terus menerus. Penggunaan media pada pembelajaran maharoh istima sangat membantu siswa untuk  melatih kemampuan istima mereka. Selama ini penggunaan media dalam pembelajaran maharoh istima menggunakan perkataan yang diucapkan oleh guru ataupun audio yang diperdengarkan menggunakan speaker. Media tersebut dinilai kurang efektif dikarenakan setiap murid mempunyai kemampuan mendengar yang berbeda-beda. Pengembangan media pembelajaran maharoh istima akan sangat membantu melatih atau mengasah kemampuan maharoh istima siswa secara individu dan fleksibel sehingga siswa dapat memahami pembelajaran maharoh istima dengan jelas dan dapat berlatih kemampuan istima dimana pun dan kapan pun.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan media pembelajaran maharoh istima berbasis website, (2) informasi tentang kelayakan produk media pembelajaran maharoh istima berbasis website di MAN 1 Kota Kediri kelas X.

Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Assessment/Analysis, Desigm, Development, Implementation, Evaluation.) Penelitian bertempat di MAN 1 Kota Kediri. Instrumen pengumpulan data adalah observasi dan kuesioner. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai oleh tim ahli media dan ahli materi. Analisis data hasil kelayakan dilakukan dengan menggunakan bantuan skala Likert.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi ADDIE. Adapun tahap tersebut yaitu: Analysis, Design, Development, dan Implementation. Tahap analysis  meliputi analisis kurikulum dan analisis kebutuhan. Tahap design meliputi sasaran instruksional, pemilihan pendekatan secara keseluruhan, perancangan materi pembelajaran secara spesifik dan pembuatan storyboard. Tahap development meliputi pembuatan produk media pembelajaran maharoh istima berbasis website dengan alamat http://belajaristima.com/ dan meliputi validasi bertingkat oleh ahli media dan ahli materi. (2) Media pembelajaran maharoh istima berbasis website di MAN 1 Koa Kediri kelas X IIK  layak digunakna sebagai media pembelajaran, dilihat dari hasil validasi ahli media pada tahap pertama memperoleh persentase sebesar 87,69% dan pada tahap kedua sebesar 92,30%, hasil validasi ahli materi pada tahap pertama memperoleh persentase sebesar 96,81% dan pada tahap kedua sebesar 97,27%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30762/asa.v5i1.3236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


------------------------------------------------------------------------------ Mailing Address:  
Self Access Center (SAC) Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Jl. Sunan Ampel, No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Jawa Timur 64127, Phone (WA): 081554384774,
Email: asalibuna@iainkediri.ac.id

 

Creative Commons License
Asalibuna by IAIN Kediri is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/asalibuna.

 

Indexed by :

Stat Counter:

View My Stats

 Histats: