KONSEP URGENSI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DAN PERMASALAHANNYA

Eko Setiawan

Abstract


Pada dasarnya pendidikan Islam Multikultural adalah pendidikan yang pendirian dan penyelenggaraanya diilhami oleh semangat multikulturalisme, agar terwujud kehidupan yang harmonis. Secara spesifik, pendidikan Islam multikultural adalah pendidikan yang berlandaskan sendi-sendi Islam yang ingin mengeksplorasi perbedaan sebagai sebuah keniscayaan. Model pendidikan multikultural merupakan sebuah tawaran model pendidikan yang mengusung ideologi yang memahami, menghormati, dan menghargai harkat martabat manusia di manapun dia berada dan dari manapun asalnya. Pendidikan Islam multikultural secara inhern merupakan dambaan semua umat manusia, karena sangat membutuhkan pendidikan model pendidikan multikultural ini sebagai proses pengembangan yang tidak mengenal sekat perbedaan dalam interaksi manusia. Pendidikan yang menghargai heterogenitas dan pluralitas, pendidikan yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan, etnis, suku, dan agama.

Full Text:

PDF

References


Achmadi. 2005. Ideologi Pendidikan Isam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, HM. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Baidhawy, Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga.

Baidhawi, Zakiyuddin. 2005. Reinvensi Islam Multikultural. Surakarta: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial.

Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Faqihuddin, Didin. 2011. Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Bandung: Pascasarjana UIN Bandung.

Madjid, Nurcholish. 2006. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemoderenan. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina.

Mahfudz, Choirul. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Makmun, Khariri. 2004. Penguatan Aswaja. Jakarta: BNPT.

Muhaimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa.

Nata, Abuddin. 2008. Manajemen Pendidikan. Jakata: Kencana.

Parekh, Bikhu. 2000. Rethinking Multcultural: Cultural Diversity and Political Theory. Cambridge: Harvard University Press.

Salatalohy, Fahmi. 2004. Nasionalisme Kaum Pinggiran. Yogyakarta: LKIS.

Suparta, Mundzier. 2008. Islamic Multicultural Education: Sebuah Refleksi atas Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jakarta: Al-Ghazali Center.

Suyatno. 2006. Dinamika Pendidikan Nasional dalam Percaturan Dunia Global. Jakarta: PSAP Muhammadiyah.

Syam, Nur. 2008. Tantangan Multikulturalisme Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Tilaar, H.A.R. 2003. Kekusaan Dan Pendidikan Suatu Tinjauan Dan Persepektif Studi Kultural. Magelang: Indonesia Tera.

Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme, Tantangan Global Masa Depan. Jakarta: Grasindo.

Tim Redaksi. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Tirtaharddja, Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Widagdho, Djoko. 2001. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriatmadja, Rochiati. 2002. Pendidikan Sejarah di Indonesia; Perspektif Lokal, Nasional dan Global. Bandung: Historia Utama Pres.

Yakin, Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pilar Media.




DOI: https://doi.org/10.30762/ed.v3i1.1075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Email: jurnaledudeena@iainkediri.ac.id
Website: http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena

====================================================================================================

Jurnal Edudeena indexed by:

Akreditasi Sintaresearch database research database research database  Dimension One Search

====================================================================================================

Islamic Religious Education Department
(p-ISSN: 2581-2734, e-ISSN: 2580-9989)
http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena
is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

View My Stats