FLIPPED CLASSROOM SOLUSI MELEJITKAN LOGICAL MATHEMATICAL INTELLIGENCES SISWA DIKALA PANDEMI

Zuha el widad

Abstract


Pandemi mengakibatkan pergeseran tatanan pendidikan di Indonesia, selaras dengan hal itu dunia membutuhkan manusia yang berkualitas, yang tidak hanya mengisi peradaban tapi menciptakan peradaban baru. Pandemi tidak bisa menjadi penghambat proses pembelajaran. Memasuki era millenium, kesadaran akan pentingnya pengetahuan semakin meningkat. Flipped Classroom, penyampaian materi yang umumnya dilakukan di sekolah, ini dilakukan di rumah. Sedang pengerjaan tugas yang biasanya dilakukan di rumah, dilakukan di sekolah. Dalam ranah ini sekolah menempati posisi sekunder, dimana kemandirian anak menjadi fokus utama sehingga cocok diaplikasikan dalam situasi pandemi. Fokus penting hasil penelitian ini yakni: pertama, pelaksanaan flipped classroom di MA al-Quran La Raiba Hanifida dikombinasikan dengan strategi peta imajinasi Hanifida. (mind mapping), presentasi dan penyampaian pendapat secara tegas dan kritis). Kedua, contoh pengaplikasian flipped clasroom  yang dapat meningkatkan kemampuan logical mathematical intelligence pada mata pelajaran fiqih. Guru menyampaikan topik, siswa mencari materi secara individu di asrama dan ketika di kelas, menyampaikan pendapat dan sudut pandangnya, peran guru tidak lain  mengarahkan untuk anak bisa berfikir secara tepat dan kritis dalam memahami dan menyelesaikan suatu permasalahan. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang dipilih peneiti yakni studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi komunikasi. Dalam hal menganalisa data ini, peneliti mengambil apa yang dikemukakan oleh Miles and Huberman, prosedur analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas data dan dependabilitas data dan konfirmabilitas data.

Kata Kunci: Flipped Classroom, Logical Mathematical Intelligence, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Al-Karim.

Abdul Haq, Ahmad Mubarok, Formulasi Nalar Fiqih Telaah Kaidah Fiqh Konseptual, Lirboyo: Khalista Surabaya, 2005.

Amir, M. Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan, Jakarta: Bencana Prenada Media Group, 2009.

Amy Roehl, The Flipped Classroom: An Oppurtunity To Engage Millenial Student, Jurnal Internasional Christian University Of Texas, 2013.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta : 2009

Armstrong, Thomas Menerapkan Multiple Intelligences Di Sekolah, terj. Yudhi Murtanto dan Rina S. Marzuki Bandung: PT Mizan pustaka, 2004.

Cahya Suryana, “Data dan Jenis Dataâ€, Maret, 2010

Departemen Agama RI al-qur'an dan Tafsir perkata kode Arab: Juz 1 sampai juz 30, Bekasi, PT ikrar Mandiri Abadi, 2007.

Hanifudin Mahadun dan Khoirotul Idawati, PITULAR; 7 Pilar Menggapai Kesuksesan, Jombang : Hanifida, 2018.

Johan Nasution, Bhader. metode penelitian ilmu hokum, Mandar Maju, Bandung: 2008

Kurniawan, Gita Erlangga Hsigh Order Thinking Skill Kemampuan Berpikir Kreatif Kritis Kreatif Dan Pemecahan Masalah, Malang: multimedia edukasi, 2020.

Lexy J Moleon, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung: 2014.

M. Musrofi, Cara Gampang Menemukan Bisnis Hebat, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2018.

Muzyka, Jennifer L. dan Chritopher S. Luker, The Flipped Classroom; Background and Challenges, Oxford University Press, Washington DC: 2016.

Nanang Qosim,â€Apa Itu HOTSâ€, Beritagar, 20 (April 2018)

Novis Damayanti, Herry 1 dan Sutama, 2016 Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk 6ISSN: 1907-4034 Jurnal Managemen Pendidikan - Vol. 11, No. 2, Januari 2016.

Nurdiana, Eva. 2014. Apakah Multiple Intelligence itu?. Kompas. Rubrik Wawasan: 6 (kol 2).

Pus A Partanto dan M. Dahlan Al Barry, Kamus Ilmiah Populer, (t.t.: Arkola, t.th).

Rakhmat, Jalaluddin. Belajar Cerdas, MLC, Bandung: 2005.

Santoso, D. Begini Mencetak Dokter Profesional , Airlangga University Press, Surabaya: 2010.

Sinar, Metode Aktif Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Deepublish : Yogyakarta, 2008.

Soyomukti, Nurani. Teori-Teori Pendidikan; Tradisional, Neo-liberal Marxis Sosialis, Postodern Yogyakarta: AR-RUZZ Media, 2010.

Widiasworo, Erwin Cerdas Pengelolaan Kelas Panduan Mewujudkan Pembelajaran Efektif Dan Berkualitas Di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2018.

Yusri, Flipped Classroom, Catatan Guru Besar, Jakarta: 2004




DOI: https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.2741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Email: jurnaledudeena@iainkediri.ac.id
Website: http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena

====================================================================================================

Jurnal Edudeena indexed by:

Akreditasi Sintaresearch database research database research database  Dimension One Search

====================================================================================================

Islamic Religious Education Department
(p-ISSN: 2581-2734, e-ISSN: 2580-9989)
http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena
is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

View My Stats