IMPLEMENTASI APLIKASI EDMODO SEBAGAI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MI AZZAINIYAH II GRINTING PAITON PROBOLINGGO

Niken Septantiningtyas

Abstract


Mewabahnya pandemi di dunia, terutama di Indonesia membuat semua sektor terganggu termasuk sektor Pendidikan. Adanya social distancing akibat merebaknya virus covid-19 mengharuskan manusia menjaga jarak antar satu dengan yang lain. Untuk itu, agar pendidikan tetap berlangsung, pemerintah menetapkan pembelajaran dari rumah yang dikenal dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antara guru dan siswa agar tetap bisa melakukan kegiatan belajar mengajar. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring adalah aplikasi edmodo, salah satu platform pembelajaran yang berbasis jejaring sosial yang dapat didownload dengan mudah di google playstore ataupun aplikasi APP market pada perangkat android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi aplikasi edmodo di MI Azzainiyah. Subjek penelitian adalah peserta didik MI Azzainiyah Paiton. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu menjelaskan bagaimana penerapan aplikasi edmodo di lembaga tersebut.

Kata Kunci : Aplikasi Edmodo, Pembelajaran daring, Implementasi


Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ekayati, R., Muhammadiyah, U., Utara, S., & Edmodo, A. (2018). IMPLEMENTASI METODE BLENDED LEARNING BERBASIS. 4(2), 50–56.

Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. (2017). Pengembanggan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sman 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 1(1), 57. https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.459

Kristiani, D. (2016). E-learning dengan Aplikasi Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank, 36–45.

Lampuhyang, J., Mutu, L. P., Agama, S., & Amlapura, H. (2020). https://e-journal.stkip- amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang. 11(2), 13–25.

Musiafa, Z., Kom, S., & Kom, M. (2017). Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. 8(2), 108–117.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155–165. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129

No Title. (2020). 1–3.

Ompusunggu, V. D. K., & Sari, N. (2019). Efektifitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Curere, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.36764/jc.v3i2.250

Pembelajaran, P., Edmodo, E. B., Guru, B., & Dasar, S. (2020). Jurnal abdidas. 1(1), 1–6.

Purbasari, I., Ismaya, E. A., & Suryani, N. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS APLIKASI MOBILE LEARNING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. 2015, 97–106. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p97

Rachmayanti, I., & Arifin, M. (n.d.). BAHASA ARAB BERBASIS DARING DI PKPBA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG THE EDMODO IMPLEMENTATION ON ONLINE ARABIC LANGUAGE LEARNING AT PKPBA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM. 3, 99–110.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Tanjungkarang, S. D., & Kudus, J. (n.d.). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI EDMODO BAGI PESERTA DIDIK Fitria Novita Sarie , S . Pd ., M . Pd . PENDAHULUAN Menjamurnya Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan COVID-19 membuat pengalaman baru dalam dunia . 2, 249–254.

Zaman, F. F., Safruddin, C., & Jabar, A. (2020). Pelaksanaan program Edmodo di sekolah dasar. 8(1), 96–107.




DOI: https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.3191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Email: jurnaledudeena@iainkediri.ac.id
Website: http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena

====================================================================================================

Jurnal Edudeena indexed by:

Akreditasi Sintaresearch database research database research database  Dimension One Search

====================================================================================================

Islamic Religious Education Department
(p-ISSN: 2581-2734, e-ISSN: 2580-9989)
http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena
is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Creative Commons License

View My Stats