MODEL INTEGRASI KEILMUAN: IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS NILAI DI SDI SABILILLAH MALANG

Hidayat Rahman

Abstract


Artikel ini mengungkap model integrasi pembelajaran Matematika berbasis nilai-nilai keislaman yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Sabilillah Malang. Implementasi pembelajaran Matematika berbasis nilai ini dilaksanakan karena banyak tindakan amoral dan tercela yang karakter kasusnya berakar pada perhitungan, seperti suap, korupsi dan radikal. Maka dimulai dari integrasi keilmun antara rumpun keilmuan Matematika dengan nila-nilai karakter yang tergambar dari nilai keislaman, pada prosesnya melahirkan pemahaman utuh yang dimiliki oleh peserta didik. Mulai dari topik pelajaran Matematika tentang aritmatika, bangunan, himpunan bilangan sampai pada geometri diintegrasikan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Peserta didik menemukan posisinya sebagai manusia yang berpengetahuan dan bermoral. Pendidikan nilai ini berpengaruh terhadap pola pikir, tingkah laku dan cara bergaul di lingkungannya.


Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2011. “Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus,” 2011.

Nurwanto, Naufal Ahmad Rijalul Alam. 2018. “Pembelajaran Agama Islam Kontekstual dengan Photo Essays dalam Praktik Microteaching,” ISLAMADINA 19, no. 2.

Raharjo, Satjipto. 2005. "Pendidikan Hukum sebagai Pendidikan Manusia", Jurnal Law Refom, 1 (1).

Rahayu, Rina. 2015. "Pengaruh Pendidikan, Lingkungan Keluarga, Pergaulan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penyimpangan Kerja dan Keuangan", e-Jurnal Ilmu Manajemen MAGISTRA, 1 (10).

Sabirin, Muhamad 2014. “Representasi dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 2.

Soeprapto, Sri. 2013. “Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan,” No. 2.

Subur. 1970. “Pendidikan Nilai: Telaah tentang Model Pembelajaran,” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 12, no. 1.

Surur, Agus Miftakus, Siti Mahmudah, Siti Nur Khasanah. 2018. Integrasi Ilmu Agama Dengan Ilmu Umum Untuk Menghadapi Era Globalisasi. IQRA’ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan), Vol. 3. No.1.

Surur, A. M., & Cholifah, K. N. (2018). Penerapan Good Governance pada Kepengurusan Pondok Pesantren Putri Al-Amien. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 261-274.

Surur, A. M., Rosyidi, A. H., Prasetia, Y. A., Asrori, K., & Azizah, L. (2018). Problematika Pembelajaran Siswa MTs Sunan Gunung Jati (Studi Kasus Latar Belakang Siswa Menghadapi Ujian). Factor M, 1(1).

Tabrani. 2013. “Moderasi Pengembangan Pendidikan Islam”, Jurnal Serambi Tarbawi, 01 (01).

Umar, Wahid. 2012. “Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika,” Infinity Journal 1, no. 1.

Wening, Sri. 2012. “Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai,” Jurnal Pendidikan Karakter.

Yusnita, Irda 2016. "Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Metafisis", Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1).




DOI: https://doi.org/10.30762/f_m.v2i1.1642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
















Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Website: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/index
ISSN (p-ISSN): 2655-3511 (media cetak)
ISSN (e_ISSN): 2656-307X (media online)

====================================================================================================

Jurnal Factor M indexed by:

research databaseresearch database research databaseresearch database research database research databaseresearch database

====================================================================================================

Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic (Tadris Matematika)
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Flag Counter