PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Dewi Agus Triani

Abstract


Abstrak: Pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan kontekstual ini didasarkan pada kenyataan bahwa minimnya bahan ajar yang tersedia sebagai reeferensi belajar siswa. Pengembang menggunakan model desain pengembangan Dick and Lou Carey. Hasil penelitian didapatkan buku ajar matematika mendapat penilaian kualifikasi baik, berdasarkan hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai sebesar 89,23%, dari ahli isi mendapat nilai 91% dan dari ahli desain buku ajar mendapat nilai 85%. Hasil tersebut menunjukkan buku ajar sudah layak sehinga tidak perlu revisi. Dari uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 93,23 sedangkan uji coba lapangan mendapatkan nilai 87,75%. Hasil tersebut menunjukkan buku ajar layak digunakan. Hasil pre test dan post test hasil belajar siswa juga menunjukkan ada peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 71.20 menjadi 86.60. Dengan program SPPS 16.0 didapatkan bahwa hasil uji t paired, pada signifikansi (2-tailed) tertulis 0.000 dan t= 16,938. Jadi, bahan ajar matematika terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Matematika, Kontekstual


Full Text:

PDF

References


Dick, Walter and Lou Carey.1987. The Systematic Design of Instruction.USA: Scott, Foresman and Company,

Ida, Rosita.2015.Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Peningkatan Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2014/2015, Kalam Cendekia,Vol.3.No.5.

Kadir, Abdul. 2013. Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah, Dinamika Ilmu,Vol.13.No.3,

Kokom, Komalasari, 2010.Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama

Kusumam, Aliangga dkk .2016.Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Pendidikan dan Kejuruan. Vol.23,No.1

Masyukur ,Moch. dan Abdul Halim Fathani.2008. Matematika Intelegence: Cara Melatih Otak dan Mengembagkan Kesulitan Belajar Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Mohammad, Ali. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama

Ningsih, Ratna Sari, 2014. Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP,Infinity.Vol.3.No.3

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogjakarta: Diva Press

Ramayulis. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Temati.Jakarta: Prestasi Pustaka

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.30762/f_m.v2i1.1690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
















Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Website: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/index
ISSN (p-ISSN): 2655-3511 (media cetak)
ISSN (e_ISSN): 2656-307X (media online)

====================================================================================================

Jurnal Factor M indexed by:

research databaseresearch database research databaseresearch database research database research databaseresearch database

====================================================================================================

Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic (Tadris Matematika)
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Flag Counter