UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE ARTIKULASI SEBAGAI PERANGSANG TIMBULNYA KOMPETENSI

Agus Miftakus Surur, Moch. Erwin Wahyudi, M. Anggi Mahendra

Abstract


Abstrak. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling memengaruhi. Motivasi belajar siswa untuk mendorong atau memberikan semangat kepada siswa agar menjadi lebih giat lagi dalam belajarnya. Penelitian ini menggunakan model PTK Kurt Lewin. Alasannya adalah ingin mempraktikkan model penelitian yang mendasar dari beberapa model yang lain. Dalam  upaya menggunakan metode artikulasi dapat meningkatkan dan perangsang motivasi belajar siswa. Proses untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode artikulasi menggunakan Model PTK Kurt Lewin. Manfaat yang akan terjadi pada siswa ketika menggunakan metode artikulasi ini pada proses pembelajaran adalah semua siswa terlibat (mendapat peran), melatih kesiapan siswa, melatih daya serap pemahaman dari orang lain, cocok untuk tugas sederhana, interaksi lebih mudah, lebih mudah dan cepat membentuknya, dan meningkatkan partisipasi anak. Sehingga akibat yang akan diperoleh siswa adalah dapat menuntut siswa aktif dalam pembelajaran dimana siswa dibentuk menjadi kelompok kecil yang masing-masing siswa dalam kelompok tersebut mempunyai tugas mewawancarai teman kelompoknya tentang materi yang baru dibahas

Full Text:

PDF Indonesia

References


Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Epida Ermi. 2017. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Pendekatan Metakognitif Kelas VI Di SDN 153 Pekanbaru.†Journal Indrigari 1(2).

Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Jhon M. Echols, Hassan Shadily. 2005. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

M Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Malayu Hasibuan. 1996. Manajemen Dasar, Pengertian Dan Masalah. Jakarta: Gunung Agung.

Marihot Tua Efendi Hariandja. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Gramdedia Widiasarana Indonesia.

Mudjiono Dimyati. 1994. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Muhammad Irham, Novan Ardy Wiyani. 2014. Psikologi Pendidikan: Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ngalimun. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Scripta Cendekia.

Nusa Putra. 2014. Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar malik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pitoyo Amrih. 2008. Ilmu Kearifan Jawa. Jakarta: Pinus.

Purwa Atmaja Prawira. 2012. Psikologi Pendidikan Dalam Prespektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sardiman A.M. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Surur, A. M. 2018. “Peningkatan Kemampuan Khatabah (Public Speaking Skill) Santri Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri.†Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 1(2).

Surur, A. M. 2019. “Standart Kinerja Pengajaran Dosen Pendidikan Matematik.†Factor M 2(1).

Yohanes Sulistyo. 2011. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 15 Semarang.â€

Zainal Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Website: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/index

Email: journalfactor.m@gmail.com
ISSN (p-ISSN): 2655-3511 (media cetak)
ISSN (e_ISSN): 2656-307X (media online)

====================================================================================================

Jurnal Factor M indexed by:

 

Dimensions    research database    research database    research database    research database

research database     research database   research database

====================================================================================================

Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic (Tadris Matematika)
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Flag Counter