ENGKLEK GEN 4.0 (Studi Etnomatematika : Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Pembelajaran Matematika)

Choirul Annisa, Alfin Fauziah, erna erawati

Abstract


Apabila kita mendengar kata tradisional pastilah kita membayangkan masa lalu, kebanyakan orang jaman sekarang yaitu generasi 4.0 (sebuah masa dimana semua orang sudah mulai tergantung dengan teknologi) mudah melupakan adat istiadat atau kebiasaan dan budaya dari masa lalu atau masa kecil kita. Semakin berkembanganya teknologi di masa sekarang sangat berpengaruh menghilangkan nilai-nilai terhadap kebiasaan atau budaya yang sudah ada sejak dahulu. Padahal, tidak semua hal yang berhubungan dengan masa lalu tidak berguna untuk masa sekarang. Dalam proses pembelajaran matematika kita dapat menhubungkan matematika dengan seni atau biasa disebut dengan etnomatematika. Dalam etnomatematika kita dapat menggunakan media pembelajaran yang berasal dari budaya jaman tradisional, seperti permainan tradisonal dalam menunjang kegiatan pembelajaran yang bersifat edukatif, menyenangkan dan menarik perhatian siswa. Salah satu contoh permainan tradisional yang dapat diterapkan pada generasi 4.0 adalah permainan tradisional engklek. Karena, didalam permainan tradisional engklek mengandung nilai-nilai yang positif dan bermanfaat, salah satunya sebagai pengembangan media pembelajaran. Dengan kita menggunakan permainan tradisional sebagai media pembelajaran masa sekarang, itu berarti kita secara tidak langsung juga ikut melestarikan budaya tradisional bangsa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Annisa, Choirul. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dengan Implementasi RME. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2 (1), 105-112.

Aprilia, Erly Dwi, Dinawati Trapsilasiwi, Toto Bara Setiawan. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engkek Beserta Alatnya Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Kadikma, 10(1), 85-94.

Damayanti, Agustina Dhevin Merinda. & Rosa Dina Putranti. (2016). Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya 2016- p-ISSN: 2550-0384; e-ISSN: 2550-0392, 254-260.

Putri, Ati Bahiyati Utami. & Noor Hasyim. (2017). Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Engklek Melalui Teknologi Digital Interaktif. Jurnal Rupa, 2(2), 122-137.

Surur, A., Rais, P., & Habib, H. (2017). The Application Program of The Preparation of The Syllabus And Learning Implementation Plan (Rpp) 2013 Curriculum On Teachers Madrasah Ibtidaiyah. Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED), 2(1), 246-253




DOI: https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Alamat : Jln. Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64127
Website: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/factorm/index

Email: journalfactor.m@gmail.com
ISSN (p-ISSN): 2655-3511 (media cetak)
ISSN (e_ISSN): 2656-307X (media online)

====================================================================================================

Jurnal Factor M indexed by:

 

Dimensions    research database    research database    research database    research database

research database     research database   research database

====================================================================================================

Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic (Tadris Matematika)
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Flag Counter