PENERAPAN METODE GUIDE WRITING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS POLA DASAR PADA ANAK DISGRAFIA

Arisa Rahmawati Zakiyah dan Risma Alvina

Abstract


Pada anak-anak sering ditemukan kesulitan belajar utamanya mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Salah satu tipe kesulitan belajar yang umum ditemukan adalah kesulitan menulis (disgrafia). Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan umumnya anak yang mengalami disgrafia terbiasa untuk menulis dengan menebali titik, sehingga tidak terbiasa mengenal dasar-dasar membentuk huruf secara mandiri. Untuk memulai langkah tersebut, maka perlu diajarkan pola-pola dasar untuk membentuk suatu huruf. Pola inilah yang kemudian diaplikasikan menjadi bentuk yang padu dalam huruf abjad. Pengenalan pola dasar ini dapat dilakukan dengan memberikan contoh visual sebagai stimulus untuk melatih menulis pola dasar tersebut. Metode yang demikian dikenal dengan istilah guide writing. Guide writing dilakukan secara bertahap dimulai dengan pemodelan atau memberikan contoh, memberikan teknik terbimbing dan praktik mandiri. Metode ini efektif diterapkan untuk melatih anak disgrafia meningkatkan ketrampilan
menulis pola dasar.

Kata Kunci: Anak Disgrafia, Metode Guide Writing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Happines, Journal of Psychology and Islamic Science

Program Studi Psikologi Islam at the Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri