PERILAKU MENCARI BANTUAN (HELP-SEEKING BEHAVIOUR) PADA KELUARGA PASIEN SKIZOFRENIA (UPT REHABILITASI SOSIAL EKS-PSIKOTIK KEDIRI DAN POLI PSIKIATRI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KOTA KEDIRI)

Nuzuluuni’mah, Moh. Shofiyatul Huda, Tatik Imadatus Sa’adati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai perilaku mencari bantuan keluarga yang anggota keluarganya mengalami gangguan Skizofrenia di UPT Rehabilitasi Sosial Eks-Psikotik Kediri dan Poli Psikiatri Rumah Sakit Bhayangkara Kota Kediri. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Ada enam informan dalam penelitian ini, tiga keluarga yang direkomendasikan dari pihak UPT RSEP Kediri dan tiga keluarga dari Poli Psikiatri R.S Bhayangkara Kota Kediri kemudian dilakukan home visit. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Dalam proses analisis, peneliti menggunakan teori Help-Seeking Behaviour dari Debra Rickwood untuk menganalisis temuan-temuan penelitian mengenai perilaku mencari
bantuan keluarga terhadap gangguan Skizofrenia. Dari hasil penelitian, keluarga pasien skizofrenia selalu mengusahakan kesembuhan pasien, sehingga sudah banyak pengobatanpengobatan yang keluarga tempuh, mereka aktif untuk mencari informasi dan tidak menundanunda untuk pengobatan. Keluarga juga sangat membutuhkan bantuan finansial, transportasi dan dukungan serta penerimaan dari keluarga maupun masyarakat. Dalam penelitian ini juga ditemukan sebuah pola perilaku mencari bantuan yaitu ada keluarga yang mencari bantuan informal dan formal secara bersamaan dan ada pula yang mencari bantuan di sumber informal kemudian berpindah ke sumber formal, beralih lagi ke sumber informal dan seterusnya. Hal ini dilakukan karena keluarga selalu melakukan evaluasi atas perkembangan pasien.

Kata kunci: Keluarga Pasien Skizofrenia. Perilaku Mencari Bantuan (Help Seeking Behaviour)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Happines, Journal of Psychology and Islamic Science

Program Studi Psikologi Islam at the Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri