DAPATKAH AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINGKATKAN DENGAN MODEL REACT?

Ratna Wahyu Wulandari, Siti Rochana

Abstract


Penelitian ini dicoba untuk menyelesaikan permasalahan dengan tujuan untuk tingkatkan kegiatan dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIIID Semester Genap MTsN Kabupaten Kediri menggunakan pembelajaran REACT. Jenis penelitian yang dipakai merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan berdasarkan perencanaan, aplikasi kegiatan, observasi, dan refleksi. Aksi yang diberikan merupakan penerapan contoh pembelajaran REACT. Subjek penelitian kelas VIIID menggunakan 37 siswa. Instrumen penelitian yang dipakai yakni lembar observasi keterlaksanaan pendidikan, lembar observasi kegiatan belajar murid, dan uji. Aktivitas dan prestasi belajar fisika dikatakan sukses jika ketuntasan belajar keduanya sudah menggapai 75% dari semua siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bila penerapan contoh pembelajaran REACT bisa tingkatkan kegiatan dan prestasi belaja. Aktivitas belajar siswa secara keseluruhan alami peningkatan dalam siklus I ke siklus II sebanyak 14,92%. Prestasi belajar fisika murid alami peningkatan pada waktu sebelum aksi ke siklus I dan siklus II yakni sebanyak 10,46% dan kelas telah bisa dikatakan tuntas belajarnya.


Full Text:

Untitled

References


Kaliantin, R. W. (2014). Penerapan model pembelajaran react dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas viii-d smpn 1 karangploso malang. Universitas Negeri Malang.

Karima, F., & Supardi, K. I. (2015). Penerapan model pembelajaran mea dan react pada materi reaksi redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1).

Meita, N. M. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran react terhadap prestasi belajar fisika siswa ditinjau dari keterampilan proses sains siswa kelas x sma negeri 7 malang. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 6(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v6i1.250

Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, K. M. (2014). Pengembangan model assessment afektif berbasis self assessment dan peer assessment di sma negeri 1. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1912

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1). https://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3046

Suyanto, S. (2018). Peningkatan kemampuan guru dalam penerapan strategi pembelajaran kontekstual melalui workshop supervisi akademik pada smk tahun pelajaran 2013/2014 wilayah binaan di kabupaten trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional, 7(1).

Wulandari, D. M., & Maulana, A. (2019). Strategi pembelajaran react terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. JURNAL TULIP: Tulisan Ilmiah Pendidikan, 8(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.