PERBANDINGAN MODEL JIGSAW DAN MODEL NHT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASILBELAJAR

Ratna Wahyu Wulandari, Zuan Puri Winanti, Mei Widya Amalia

Abstract


Dalam penelitian terdapat dua tujuan yaitu:  (1) Mendapatkan perbedaan motivasi dalam pembelajaran Biologi dengan dua model pembelajaran yaitu Jigsaw II dan NHT (Numbers Head Together); (2) Mengetahui perbedaan hasil pembelajaran Biologi pada pembelajaran  Jigsaw II dan NHT. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan komparatif. Siswa kelas X di SMA Negeri Mojoagung merupakan objek dari percobaan ini. Kelas X-2 merupakan sampel yang diambil  untuk mendapat model pembelajaran Jigsaw II dan kelas X-3 dijadikan sampel untuk diberikan pembelajaran model NHT. Untuk mengetahui perbedaan motivasi siswa, digunakan analis anova sedangkan untuk mengetahui hasil belajar efektif, kognitif, dan psikomotor digunakan analisis anakova. Berdasarkan uji hipotesis, maka hasil yang didapat dari penelitian tersebut adalah, pembelajaran Jigsaw II dan NHT tidak memiliki variasi dan memiliki kesamaan yang baik untuk potensi pengembangan diri siswa.

Full Text:

Untitled

References


Alfiani, A. (2017). Penerapan model pembelajaran NHT-TGT untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman materi matematika sma. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.13100

Arikunto, S. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1104

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap kemampuan komunikasi matematis. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160

Santyasa, I. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibawa, I., & Suarjana, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran jigsaw i dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2). https://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665

Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. International Journal of Educational Development, 1(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775

Winkle, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.