Analisis Deskriptif Channel YouTube Satu Persen Episode “Kunci Komunikasi Efektif Menjadi Asertif”

Fatichatul Mukarromah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari dampak penggunaan media sosial YouTube bagi kalangan remaja. Komunikasi menjadi kebutuhan yang sangat penting dan dibutuhkan dalam kegiatan interaksi sosial di kalangan remaja Indonesia. Perkembangan teknologi yang semakin canggih tidak menghambat hubungan sosial untuk berinteraksi di segala bidang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja merasa ketagihan dan memiliki kecenderungan gemar mengakses sosial media daripada dunia nyata. Konten YouTube channel “Satu Persen - Indonesian Life School” pada episode “kunci komunikasi efektif: menjadi asertif (menyatakan perasaan dengan jujur)”, telah memberikan perubahan bagi remaja. Pemanfaatan Konten tersebut terbukti dalam memberikan pemahaman baru terhadap para penontonnya.


Keywords


Komunikasi Efektif, Asertif, Youtube, Media Sosial

Full Text:

PDF

References


APJII. 2020. “Buletin APJII.” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 1.

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, and Siti Karlinah. 2014. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Dwi Laksono, Agus, Anis Rosyiatul Husna, Program S. Studi, and Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan. 2015. “Komunikasi Asertif Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien.” The Sun 2(2).

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fahma, Al Himni, and Nurhalimah. 1981. “Analisis Model Komunikasi Harold Dwight Laswell Terhadap Novel Asma Nadia Cinta 2 Kodi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Fitriansyah, Fifit. 2018. “Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Dalam Membentuk Perilaku Remaja).” Cakrawala 18(2):171–78.

Hikmah, Nurul. 2020. “Perilaku Asertif Dalam Perspektif Islam.” Liwaul Dakwah 10(1):101–14.

Kurniawan, Dani. 2018. “Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(1):60–68.

Kusumaningtyas, Ratri. 2019. “Komunikasi Yang Efektif Dalam Pembelajaran Dan Pengelolaan Kelas Di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Baki.” 4:1268–74.

Masyitoh. 2016. “Tingkah Laku Asertif Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 33 Jakarta Barat.” Insight 2(2):64–69.

Mayasari, Fitria, Desliana Dwita, Jupendri Jupendri, Jayus Jayus, Nazhifah Nazhifah, Khusnul Hanafi, and Nolly Medya Putra. 2019. “Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru.” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 3(1):18–23. doi: 10.37859/jpumri.v3i1.1155.

McQuail, D. 2010. McQuail′s Mass Communication Theory. SAGE Publications.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2020. “Youtube Sebagai Media Informasi Kecantikan Generasi Millenial.” Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media 4(2):170. doi: 10.33884/commed.v4i2.1585.

Purba, Bonaraja, Sherly Gaspersz, Muhammad Bisyri, Angelia Putriana, Puji Hastuti, Efendi Sianturi, Diki Retno Yuliani, Anita Widiastuti, Ibnul Qayyim, and Nur Alim Djalil. 2020. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Yayasan Kita Menulis.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roudhonah. 2019. Ilmu Komunikasi. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sakti, Bulan Cahya, and Much Yulianto. 2013. “Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja.” Interaksi-Online 6(4):1–12.

Sampurno, Muchammad Bayu Tejo, Tri Cahyo Kusumandyoko, and Muh Ariffudin Islam. 2020. “Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, Dan Pandemi COVID-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15210.

Sosiawan, Edwi Arief. 2011. “Penggunaan Situs Jejaring Sosial Sebagai Media Interaksi Dan Komunikasi Di Kalangan Mahasiswa.” Jurnal Ilmu Komunikasi 9:60–75.

Stellarosa, Yolanda, Sandra Jasmine Firyal, and Andre Ikhsano. 2018. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Sarana Transformasi Majalah Highend.” LUGAS Jurnal Komunikasi 2(2):59–68. doi: 10.31334/ljk.v2i2.263.

sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alvabeta.

Suri, Dharlinda. 2019. “Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Dalam Perwujudan Pembangunan Nasional.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 17(2):177–87. doi: 10.46937/17201926848.

Widyastuti, Tri. 2017. “Pengaruh Komunikasi Asertif Terhadap Pengelolaan Konflik.” Widya Cipta I(1):1–7.




DOI: https://doi.org/10.30762/mediakita.v5i2.3502

DOI (PDF): https://doi.org/10.30762/mediakita.v5i2.3502.g1577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Mediakita oleh IAIN Kediri dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .
Berdasarkan sebuah karya di http://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/mediakita .

Lihat Statistik Saya

 

Diindeks Oleh :

  database penelitiandatabase penelitian

 

-------------------------:

Tandai Penghitung