GENDER DIFFERENCES ON LEARNING STYLES AND LEARNING STRATEGIES OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF STAIN KEDIRI

Erna Nurkholida

Abstract


Artikel ini mencoba untuk menemukan perbedaan gender dalam gaya belajar bahasa dan strategi belajar pada mahasiswa kelas listening di jurusan bahasa Inggris STAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan the perceptual learning-style preference questionnaire (PLSPQ) untuk menginvestigasi kecenderungan gaya belajar dan the Strategy Inventory for Language Learning (SILL) versi 7.0 yang didesain oleh Oxford untuk mengetahui kecenderungan strategi belajar mahasiswa bahasa Inggris. Kedua angket tersebut diberikan kepada 126 mahasiswa. Hail penelitian mengindikasikan bahwa ada perbedaan antara mahasiswa perempuan dan laki-laki. Mahasiswa perempuan cenderung gaya belajar auditory dan kelompok, sementara mahasiswa laki-laki cenderung gaya belajar visual dan kinesthetic. Untuk strategi belajar, mahasiswa perempuan menunjukan bahwa mereka mengambil strategi belajar afektif dan sosial dengan skor rata-rata 36 dan 35, sementara mahasiswa laki-laki menunjukkan kognitif dan kompensasi dengan skor rata-rata 36 dan 38,5. Artinya bahwa gaya belajar minor dan utama diambil. Gaya belajar utama diartikan bahwa mahasiswa merasa nyaman dan menggunakannya untuk kepentingan mahasiswa. Gaya belajar minor artinya bahwa mahasiswa menggunakan model ini tetapi biasanya sebagai pilihan kedua atau ketika berhubungan dangan gaya belajar lain


Kata kunci; Gender, gaya belajar, strategi belajar bahasa


Full Text:

PDF

References


Dunn, R. Si Griggs, S. “Learning Styles: Link Between Teaching and Learningâ€, în Dunn Si Griggs (ed), Learning Styles and the Nursing Profession, New York; NLN Press, 1998.

Kaylani, C. “The Influence of Gender and Motivation on EFL Learning Strategy Use in Jordanâ€. In R. Oxford (ed), Language Learning Strategies Around the World: Cross-cultural Perspectives. (Technical Report #13) Honolulu: University of Hawai’i, Second Language Teaching & Curriculum Center, 1996.

O’Malley, J.M. & Chamot, A.U. Learning Strategies in Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press, 1990.

---------, J.M., Chamot, A.U., Stewner-Manzanares, G., Kupper, L. & Russo, R.P. Learning strategies Used by beginning and intermediate ESL learners. Language Learning 35(1), Cambridge: Cambridge University Press, 1985.

Oxford, R.L. The Use of Language learning strategies: a synthesis of studies with implications for strategy training. System 17 (2), 1989.

---------, R.L. Instructional Implications of Gender Differences in Second/Foreign Language Learning Styles and Strategies. Applied Language Learning 4, 1993.

---------, Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know. New York: Newbury House, 1993.

Erna Nurkholida, Gender Differences on Learning Styles 197

---------, R.L. & Crookall, D. Research on Language Strategies: Methods, Findings, and Instructional Issues. Modern Language Journal, 73, 1989.

-------- & Nyikos, M. (1989). Variables Affecting Choice of Language Learning Strategies by University Learners. Modern Language Journal 73 (3), 1989.

Reid, J. M. Perceptual Learning Styles Preference Questionnaire Available, from J. Reid, Department of English, University of Wyoming, Laramie, WY 82070, 1987.

---------, The Perceptual Learning Style Preferences of ESL Students. TESOL Quarterly, 21,1984.

---------. M. The Learning Style Preferences of ESL Students TESOL Quarterly, 21(1), 1987.

---------, Understanding Learning Styles in The Second Language Classroom. United States of America: Prentice Hall Regents, 1998.

Wenden, A., & Rubin, J. (Eds.),. Learner Strategies and Language Learning. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, 1987.

Willing, K. Learning Styles in Adult Immigrant Education. Research Series (Ed. David Nunan). Australia: National Curriculum Research Center: Adult Migrant Education Programme. 1988.




DOI: https://doi.org/10.30762/realita.v14i2.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 REALITA

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-TanpaTurunan 4.0 Internasional.
Based on a work at http://jurnal.stainkediri.ac.id/index.php/realita

View My Stats

Indexed By :