PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Dian Tri Anggraeni, Ratna Wahyu Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi Harga Diri kelas III SDN Sukamahi 02 Megamendung Bogor. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang diambil dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 22 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok belajar yang pada kegiatan pembelajarannya diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok belajar yang pada kegiatan pembelajarannya tidak diberikan perlakuan yaitu hanya dengan model konvensional yang biasa guru lakukan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal dengan test pilihan ganda. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil nilai thitung sebesar 6,149 lebih besar dari nilai ttabel 2,021. Serta nilai signfikansi yaitu 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Endang. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di

SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Jakarta: UIN Syarief Hidayatullah.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soleha, S. (2012). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Purwodiningrat Yogyakarta . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.