MEMBANDINGKAN ANTARA MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Destia Nurahmawati, Afridha Sesrita, Novi Maryani

Abstract


Matematika merupakan ide-ide abstrak yang berisi simbol-simbol, maka konsep-konsep matematika harus dipahami terlebih dahulu sebelum memanipulasi simbol-simbol itu. Penelitian ini bermaksud untuk membandingkan dampak dari belajar matematika siswa SD yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT) dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas III. Cara yang dipakai dalam kajian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental design). Dan populasi yang terdapat pada pengkajian ini adalah seluruh siswa kelas III, dengan jumlah populasi sebanyak 56 siswa, terdiri dari dua kelas yaitu kelas A sebanyak 29 dan kelas B sebanyak 27 siswa. Kemudian sampel yang diambil adalah siswa kelas III yang berjumlah 56 siswa. Dilakukan analisis deskripsi terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengkajian yang dilaksanakan dengan pengujian tes U Mann Whitney, terdapat angka signifikansi sebesar 0.000, artinya nilai signifikansi < 0,05 atau (0,000 < 0,05), dapat dinyatakan bahwa H0 tidak diterima dan H1 diterima maka terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT pada kasus ini.

Full Text:

PDF

References


Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Rema Rosda Karya.

Priatna, Lathifah, Z. K., & Makarim, H. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning think pair and share pada mata pelajaran matematika. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 153.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Rosidalia. (2017). Perbandingan model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran number head together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii mts n 1 kota makassar. Makassar: UIN Alauddin Makasar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, I., Yuliawati, N. D., & Firmansyah, W. (2017). Bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 12.

Taniredja, T., Faridli, M., & Harmianto, S. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.