PENGGUNAAN METODE TRADING PLACES DALAM PEMBELAJARAN ASMĀUL H}USNA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Ummiy Fauziyah Laili, Istiana Malikatin Nafi'ah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran trading places  pada materi asmāul h}usna untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SD. Objek dari penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas VI SDN V Ngronggo Kota Kediri yang berjumlah 33 peserta didik. Pemilihan populasi dengan menyertakan seluruh peserta didik kelas VI sehingga menjadi penelitian populasi dan dengan disertai perhitungan yang cermat berdasarkan rumus yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dengan pihak terkait, serta dokumentasi. Hasil data yang diperoleh akan diolah menggunakan analisis sign test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran trading places adalah baik, hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan yang menunjukkan nilai sebesar 89%; (2) Pengaruh model pembelajaran trading places terhadap pemahaman peserta didik pada pelajaran asmāul h}usna peserta didik kelas VI SDN Ngronggo Kota Kediri, berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai signifikansi dari hasil uji sign test sebesar 0,000 atau signifikansi < 0,05 sehingga keputusan analisis data adalah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat  perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest hasil pembelajaran trading places.

Full Text:

PDF

References


Apriadi, W. (2015). Penerapan metode trading places pada mata pelajaran al-islam materi perilaku terpuji terhadap hasil belajar siswa kelas xi mia sma muhammadiyah 6 palembang. Kediri: Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan, Edisi Kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istiana, M. (2014). Peningkatan hasil belajar materi asmaul husna dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe artikulasi pada siswa kelas ii mi salafiyah bahaudin ngelom sidoarjo. Surabaya: Prodi PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Muhid, A. (2012). Analisis Statistik. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Neuman, W. L. (2016). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, 7th ed. Jakarta: Indeks.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Setyanto, E. A. (2015). Memperkenalkan kembali metode eksperimen dalam kajian komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 37-48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.