ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENJUMLAHAN

Siti Rochana

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui proses berpikir siswa sekolah dasar kelas 1 dalam menyelesaikan soal-soal materi penjumlahan. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalah dua siswa program sekolah dasar kelas 1 yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.  Siswa sebanyak dua orang tersebut masing-masing memiliki kemampuan rata-rata atau sedang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang mengacu pada tes tertulis dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan hasil tes tertulis digunakan metode triangulasi waktu, dimana di waktu yang berbeda diberikan soal dengan karakter yang sama. Dari hasil penelitian tersebut, masing-masing memperoleh kesimpulan bahwa siswa laki-laki memiliki proses berpikir konseptual, dan siswa perempuan memiliki proses berpikir konseptual.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H. A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar Edisi Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnidha, Y. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan cacah. Jurnal E-DuMath, 1(1), 52-63.

Firmanti, P. (2017). Penalaran siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam pembelajaran matematika. Journal of Gender Studies, 73-85.

Marpaung, Y. (1986). Proses Berpikir Siswa dalam Pembentukan Konsep Algoritma Matematis. Makalah Pidato Dies Natalis XXXI IKIP. Salatiga: Sanata Dharma Salatiga.

Miles, & Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis. London: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (1993). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zuhri, D. (1998). Proses Berpikir Siswa Kelas II SMP Negeri 16 Pekanbaru dalam Menyelesaikan Sola-soal Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai (Tesis, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.