UPAYA PEMBENTUKAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI MADRASAH ALIYAH SUNAN GUNUNG JATI GURAH

Muhammad Nur Adam

Abstract


Nilai-nilai akhlak dalam kegiatan pramuka di MA Sunan Gunung Jati termaktub dalam Kode Etik Gerakan Pramuka yaitu Dasa Darma. Didalamnya memuat akhlak seseorang terhadap Allah (hablum minallah) dan akhlak seseorang dengan sesama manusia dan alam (hablum minannas). Implementasi nilai-nilai akhlak melalui kegiatan pramuka di MA Sunan Gunung Jati adalah dengan menerapkan dasa darma pramuka. Dari implementasi tersebut dapat terbentuk akhlak religious, cinta lingkungan, peduli sesama, keberanian, disiplin, tanggung jawab, ketaatan,  dan demokratis. Faktor pendukung upaya pembentukan akhlak melalui kegiatan pramuka di MA Sunan Gunung Jati adalah lingkungan, dukungan dari orang tua, peran Pembina, kemandirian siswa, serta dukungan dari sekolahan. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya durasi kegiatan, keterbatasan porsi Pembina, ketidakajegan siswa mengikuti latihan, sarana dan prasarana.

Kata kunci: Akhlak, Pramuka, Madrasah Aliyah

Full Text:

PDF

References


A.M., Sardiman. Interaksi dan MotivasiBelajarMengajar. 2004. Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada.

Abdullah, Yatimin . Studi Akhlak dalam Prespektif Alquran. 2007. Jakarta: Amzah.

Ancok , Djamaludindan Fuat Nashori Suroso.Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. 2001. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cet. IV

Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Hasil Munaslub tahun 2012 . 2012. Jakarta: Kwartir Masional Gerakan Pramuka.

Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Hasil Munaslub Tahun 2012 Tentang Pendidikan Kepramukaan. 2012. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Anggaran Rumah Tangga Hasil Musyawarah Gerakan Pramuka tahun 2012 tentang sifat, 2012. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Ariesandi. RahasiaMendidikAnak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan TerpujiMelejitkanPotensi Optimal Anak.2008.Jakarta: PT GramediaPustakaUtama.

DepartemenPendidikan dan Kebudayaan. KamusBesarBahasaIndonesia. 1998. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasan, Nur. Profil Madrasah SunanGunungJati. 2010. Kediri:__________

Hidayatullah, Furqon,Pendidikankarakter: membangunperadabanbangsa. 2010. Surakarta: Yuma Pustaka.

Imran, Ali. Belajar dan Pembelajaran. 1996. Jakarta: PT. DuniaPustaka.

Jaiz, Hartono Ahmad. dkk. Sumber-sumberpenghancurakhlakislam. 2010. Jakarta: PustakaNahiMungkar.

Jalaluddin. Psikologi Agama 2004. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kufi, Kun El. Pola Pendidikan Islam Sistem Bording School di SMP-SMA Sragen Bilingual Boarding School Gemolong Sragen . 2012. Tesis. Surakarta: Universitas Muhammadiah Surakarta.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar. 2011. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

KwartirNasionalGerakanPramuka.AnggaranDasardanAnggaranRumahTanggaGerakanPramukaHasil MUNASLUB GerakanPramuka 2012. 2012Jakarta: KwarnasGerakanPramuka.

Mahmud, Ali Abdul Halim. Akhlak Mulia. 2004. Jakarta : Gema Insani.

Meleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. 2015. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, Mathew B. dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif, Terj. Ijetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: UI Press.

Mustofa . A. Akhlak Tasawuf. 1994. Bandung : Pustaka Setia.

Nasharuddin, Akhlak (Ciri Manusia Paripurna). 2015. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Nata,Abudin. AkhlakTasawuf. 2002. Jakarta : Raja Grafindo.

Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif rancangan Penelitian. 2014. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sabri, Alisuf. PsikologiPendidikan. 2007. Jakarta: CV PedomanIlmuJaya.

Saebani, Beni Ahmad. Ilmu Akhlak. . 2010. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono, Metode Penlitian Kombinasi (Mixed Methods). 2014. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2014. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, Andri BOB. Boyman :RagamLatihPramuka. 2010. Jakarta : Tunas Muda. 2010.

Undang-UndangRepublik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang System PendidikanNasional, Bab VI Pasal 1.Semarang: Aneka Ilmu, 2003.

Yin, Robert K. Studi kasus dan Metode. 2009. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yusuf,Syamsu.PsikologiPerkembanganAnak-anak dan Remaja. 2009. Bandung : RemajaRosdakarya.

Referensi lain :

Hidayah, Nurul. Efektifitas Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai-nilai Agama Isalam Di MAN Wates Kulo Progo. Skripsi. 2010. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

http://Wikipedia.org/ambalan penegak di aksespadatanggal 29 Oktober 2017.

Suseno, Bimo. Penanaman nilai-nilai akhlak melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 1 Teras Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zuhri , Khoirudin. Korelasi Prestasi Belajar Akidah Akhlak Dengan Perilaku Keagamaan Siswa Di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Skripsi. 2015. STAIN Kediri.




DOI: https://doi.org/10.30762/spr.v3i2.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________
Sekretariat Jurnal SPIRITUALITA

Rumah Jurnal IAIN Kediri: Jalan Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur, 64129, Indonesia
Map Coordinate: Lat -7.8467028" Long 112.0248149,21"
Creative Commons License
disebarluaskan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed in