SIKAP TAWADHU’ SISWA SMP TERHADAP GURU PADA PONDOK PESANTREN TANWIRUL AFKAR DUSUN WADANG TEMPEL KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO

Mochammad Misbahul Munir

Abstract


Pondok pesantren merupakan lembaga yang tetap eksis sampai sekarang. Dan semakin berkembangnya zaman, ada beberapa pondok pesantren yang mendirikan satu yayasan dengan sekolah formal, baik tingkat SMP ataupun SMA sederajat. Di pondok pesantren atau di sekolah formal pasti para santri atau siswa diberikan gemblengan tentang bagaimana berakhlak mulia, salah satunya tawaduk. Peneliti melakukan penelitian pada siswa yang bersekolah formal dan bermukim di pondok pesantren Tanwirul Afkar dengan melakukan observasi dan wawancara kepada guru mengenai sikap tawaduk siswa di dalam kelas setiap harinya. Penelitian ini dimaksudkan: Pertama, menjelaskan apa saja bentuk dan pelaksanaan sikap tawaduk siswa SMP Tanwirul Afkar terhadap guru Krian Sidoarjo. Dan kedua, untuk menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tawaduk siswa terhadap guru di SMP Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori terjemahan kitab bidayatl  hidayah  yang  dikarang  oleh Imam Al-Ghazali. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap tawaduk siswa terhadap guru di SMP Tanwirul Afkar bermacam-macam. Apabila siswa melakukan kesalahan terhadap guru, ada yang menerima nasihat dan teguran tersebut, ada juga yang berani membangkang. Ketika kegiatan belajar di kelas berlangsung, kebanyakan siswa mendengarkan dan memperhatikan, tetapi ada juga yang berani berbicara sendiri bahkan keluyuran keluar masuk kelas. Pun ketika guru memerintahkan untuk mengerjakan tugas, ada siswa yang mengerjakan tugas dengan benar dan tepat waktu mengumpulkannya, mengerjakan tugas tetapi telat mengumpulkannya, bahkan tidak mengerjakan tugas dan mengumpulkannya. Perbedaan tersebut dikarenakan 3 faktor, yaitu faktor lingkungan masyarakat yang ditempati, faktor kepribadian  guru  pada  saat mengajar dikelas, dan faktor pengetahuan siswa tentang pentingnya mencari ilmu.

Kata kunci: Tawadhu’, Pondok Pesantren, Siswa, Guru


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Muhammad Ad-Duweisy. Menjadi Guru Yang Sukses dan Berpengaruh, terj. Izzudin Karimi. Surabaya: elba, 2009.

Abdurrahman. Muhammad, Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia.

Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2016.

Alfian, M Hasyim. Menggupas Pesantren Masa Depan Geliat Suara Santri Untuk Indonesia Baru. Yogyakarta Qirtas, 2003.

Al-Ghazali,Abu Hamid, Imam Tuntunan Mencapai Hidayah Ilahi, terj. Fadlil Sa‟ad An-Nadwi. Surabaya: Al-Hidayah, 1997.

AL-Jawi, Muhammad Nawawi Terjemah Maroqil „Ubudiyah: Syarah Bidayah al Hidayah, terj Zaid Husein Al-Hamid. Surabaya: Mutiara Ilmu, 2010. Anggrayni, Dewi. Qulubussuar Catatan Kaki Mnecari Jalan Ilahi Achmad Zamzuri. Surabaya : Prima Mandiri, 2015.

Arif, Muhammad. Pesantren Salaf Basic Pendidikan Karakter: Dalam Kajian Historis dan Prospektif. Kediri: STAIN Kediri Press, 2012.

Arifin, Imron Kepemimpinan Kiai: Pesantren Tebuireng. Malang: Kalimasahada Press, 1993. Bin, Ibrahiem Ismaiel. Ta‟lim Muta‟alim: Kajian dan Analisis Dilengakapi Dengan Tanya Jawab. terj. M. Fathu Lillah. Kediri: Santri Salaf Press, 2015.

Beni Ahmad Saebani, dan Afifuddin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia, 2009.

Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kuantitatif, dan Mixed.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Fathurrohman, Pupuh dan Aa Suryana. Guru Profesional. Bandung: Reflika Aditama, 2012.

Fauqi, Muhammad Hajjaj. Tasawuf Islam dan Akhlak, terj. Kamran As‟at Irsyady dan Fakhri Ghazali. Jakarta: Amzah, 2011.

Fethulloh, Muhammad Galen. Taswuf Untuk Kita Semua: Menampaki Bukit- Bukit Zamrud Kalbu Melalui Istilah-Istilah Dalam Praktek Sufisme, terj. Fuad Syaifuddin Nur. Jakarta: Republika, 2013.

Hamid, Abu Al-Ghazali. Tuntunan Mencapai Hidayah Ilahi. terj. M. Fadlil Sa‟id An Nadwi. Surabaya: Al-Hidayah, 1997.

Juliet Corbin, dan Anslem Strauss. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, terj.

Djunaidi Ghony. Surabaya: Bina Ilmu, 1997.

Majeri Mangunjaya, Fachrudin. Ekopesantren: Bagaimana Merancang pesantren Ramah Lingkungan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Muhammad, Ahmad Al-Hufiy. Keteladanan Akhlaq Nabi Muhammad SAW, terj.

Abdulloh Zakiy Al-Kaf. Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Muhammad, Hery. Menjaga Hati Meraih Cinta Ilahi: Reportase Dakwah Tentang

K.H. Abdullah Gymnastiar. Bandung: Mizan Pustaka, 2002.

Muhammad „Ummarah, Musthofa. Jawahirul Bukhari. Surabaya: Imaratullah, 1940. Munawir A. Fattah, Adib Bisri. Al-Bisri Kamus Indonesia – Arab Arab – Indonesia.

Surabaya : Pustaka Progressif, 1999.

Prasetyo, Budi. “Pengaruh Persepsi Atas Karunia dan Pengamalan Tradisi Pondok Pesantren Terhadap Sikap Tawadhu‟ Santri” (Skripsi, STAIN SALATIGA, Salatiga, 2014), 58-60.

Qomar, Mujamil. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2009.

Qoyim Al-Jauziyah, Ibnu. Madarijus Salikin: Pendaikian Menuju Allah. Penjabaran Konkrit “Iyyaka Na‟budu wa Iyyaka Nasta‟in”. terj. Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Sunarto, Achmad. Tuntunan Menggapai Hidayah Allah SWT, terj. Kitab Bidayatul Hidayah Al Imam Al-Ghazali. Surabaya : Mutiara Ilmu, 2015. Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetisi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Patilima, Hamid. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfabeta, 2008.

Tim Penulis Kaligrafer. Ensiklopedi Tasawuf. Bandung: Angkasa, 2008.

Uzer, Moh Usman. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013. Yasmadi, Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat Press, 2002.




DOI: https://doi.org/10.30762/spr.v3i2.1873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________
Sekretariat Jurnal SPIRITUALITA

Rumah Jurnal IAIN Kediri: Jalan Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur, 64129, Indonesia
Map Coordinate: Lat -7.8467028" Long 112.0248149,21"
Creative Commons License
disebarluaskan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed in