Editorial Policies

Focus and Scope

UNIVERSUM; Jurnal Keislaman dan Kebudayaan memuat tulisan dalam beragam aspek yang terkait dengan studi hadis dan ilmu hadis. Fokus kajian mencakup isu klasik maupun kontemporer, tetapi diharapkan mampu memanfaatkan beragam teori, metode dan pendekatan dalam keilmuan hadis kontemporer, khususnya yang bersifat interdisipliner. Wilayah kajian dalam studi hadis dan ilmu hadis adalah; Kajian Sanad; studi tentang riwayat hadis, sejarah, metode, basis epistemologi, dan perkembangan studi riwayat menurut pemikir muslim maupun barat. Kajian Matan; studi terhadap makna hadis, khususnya jika ditinjau dari perspektif multidisipliner dan interdisipliner. Kajian living hadis; studi terhadap pemahaman, respon dan sikap masyarakat terhadap hadis yang mempengaruhi nilai, makna dan perilaku keseharian mereka. Studi ini memanfaatkan teori dan metodologi dalam ilmu social dan humaniora. Kajian Manuskrip hadis; studi terhadap manuskrip hadis dan ilmu hadis yang ditulis oleh ulama terdahulu denngan menggunakan pendekatan filologi dan sejarah.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Kebijakan dalam proses review di UNIVERSUM; Jurnal Keislaman dan Kebudayaan adalah;
1. Setiap artikel yang diterbitkan telah melalui proses penyuntingan dan review dari tim ahli.
2. Proses review menggunakan tinjauan double-blind, yang berarti bahwa identitas reviewer disembunyikan dari penulis, demikian juga sebaliknya.
3.Dalam proses peninjauan, reviewr korespondensi judul, abstrak, diskusi (temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga memeriksa kebaruan, dampak ilmiah, dan referensi yang digunakan dalam artikel.

 

Open Access Policy

1. Jurnal ini menyediakan akses terbuka terhadap tulisan yang dimuat dengan prinsip penyebaran (deseminasi) hadis dan ilmu hadis yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan pemberdayaan masyarakat.
2. Jurnal ini adalah jurnal open access yang berarti bahwa semua artikel tersedia secara gratis tanpa biaya kepada pengguna atau / lembaga. Pengguna diperbolehkan membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau merujuk ke artikel dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis. Ini sesuai dengan Budapest Open Access Initiative.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...