Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for UNIVERSUM : Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Panduan Penulisan UNIVERSUM; Jurnal Keislaman dan Kebudayaan

Syarat dari proses pengajuan naskah, penulis diminta untuk memenuhi semua persyaratan di bawah ini. Redaksi akan mengembalikan/tidak memproses naskah yang tidak memenuhi prosedur.

Panduan Umum

1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia, Inggris dan Arab, serta  belum pernah dipublikasikan, atau sedang dalam proses pengajuan ke jurnal yang lain atau media penerbitan lainnya;

2. Penulis harus register sebagai penulis dan submit tulisan sebagaimana petunjuk yang sudah disediakan di atas.

3. Naskah tulisan merupakan hasil penelitian, studi kasus dan kajian pustaka yang menunjukkan originalitas, kebaruan dan sumbangsihnya bagi ilmu pengetahuan.

4. Naskah ditulis dengan Ms. Word, font Time New Roman  (12 font size), Spasi 1,5, dan panjang naskah antara 15-25 hlm (sekitar 5000 s/d 8000 kata).

5. Naskah akan diterbitkan di Jurnal UNIVERSUM setelah di titinjau oleh reviewer.

6. Naskah ditulis dengan mengikuti panduan dan sistematika sebagaimana terdapat di template penulisan.


Panduan Penyusunan Naskah

Struktur naskah

1. Judul. Judul harus pendek, jelas, dan informatif, tetapi tidak melebihi 12 kata. Judul harus tepat dengan masalah yang dibahas. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak biasa. Ide-ide utama harus ditulis terlebih dahulu dan diikuti oleh penjelasannya.

2. Nama dan institusi penulis. Nama penulis harus disertai dengan lembaga penulis.

3. Abstrak. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak dibuat dalam satu paragraf yang terdiri dari latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil, kesimpulan dan kata kunci (3-5 kata).

4.Pengantar. Pendahuluan harus mengandung (singkat dan berurutan) latar belakang umum dan tinjauan literatur (terbaru), masalah penelitian utama dan metode penelitian. Di bagian akhir pendahuluan, tujuan penulisan artikel harus dinyatakan.

5. Hasil dan Diskusi. Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan bagaimana pembahasannya, bisa diuraikan dalam beberapa bab sesuai dengan kebutuhan. Hasil yang diperoleh dari penelitian harus didukung oleh data yang memadai. Hasil penelitian dan penemuan harus menjadi jawaban, atau hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan. Komponen-komponen berikut harus dibahas dalam diskusi: Bagaimana hasil penulis berhubungan dengan pertanyaan atau tujuan awal yang diuraikan dalam bagian Pendahuluan (apa / bagaimana)? Apakah penulis memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan yang disajikan (mengapa)? Apakah hasil penulis konsisten dengan apa yang dilaporkan peneliti lain (apa lagi)? Atau ada perbedaan.

6. Kesimpulan. Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Uraian tidak boleh hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi atau abstrak. Penulis juga harus menyarankan penelitian masa depan dan yang sedang berlangsung.

7. Daftar Pustaka. Literatur yang tercantum dalam referensi hanya berisi sumber yang direferensikan atau dimasukkan dalam artikel. Naskah mencantumkan daftar pustaka dengan pola penulisan sama seperti catatan kaki dengan menghilangkan keterangan halaman dan tanda kurung pada data publikasi. Daftar pustaka disusun menurut abjad dan mendahulukan nama belakang pengarang (“al” pada nama pengarang Arab dianggap tidak ada). Disarankan menggunakan Aplikasi Manajemen Referensi seperti EndNote, Mendeley, Zotero, dll. Sumber rujukan harus menyediakan 80% dari artikel jurnal, proses, atau hasil penelitian dari lima tahun terakhir. Teknik penulisan bibliografi, menggunakan sistem mengutip Chicago Manual of Style edisi ke-16.

Contoh Penulisan Catatan Kaki:

1Nasarudin Umar, Argumen Kesetaraan Jender: Perspektif al-Qur’an, (Jakarta: Paramadina, 2001), hlm. 243.

2Greg Fealy, “Consuming Islam: Commodified Religion and Aspirational Pietism in Contemporary Indonesia” dalam Greg Fealy dan Selly White (eds.), Expressing Islam: Religious Life and Politic in Indonesia, (Singapore: ISEAS, 2007), hlm. 16.

3Umar, Argumen Kesetaraan Jender, hlm. 15.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka:

Daftar Pustaka

Fealy, Greg, “Consuming Islam: Commodified Religion and Aspirational Pietism in Contemporary Indonesia” dalam Greg Fealy dan Selly White (eds.), Expressing Islam: Religious Life and Politic in Indonesia, Singapore: ISEAS, 2007.

Umar, Nasarudin, Argumen Kesetaraan Jender: Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Paramadina, 2001.

8. Istilah bahasa Arab harus ditulis dengan menggunakan gaya transliterasi Litbang of Conggres (LC).

Contoh:

1Muṣthafā al-Sibā’ī, al-Istishrāq wa al-Mustashriqūn; Ma Lahum wa Mā ‘alayhim, Cet I, (Riyadh: Dār Al-Warrāq, 1999), hlm. 18. 

9. Penulis berhak mendapatkan hard-copy sebanyak 3 (tiga) ekslempar.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal, dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.